Jumat, 10 November 2017

Takaran Memberi Makan ikan lele di Bondowoso



Pakan ikan lele
Umpan lele yang bisa diberikan ada 2 macam pakan buatan dan pakan alami. Umpan buatan bisa menjadi tepung dan remah-remah untuk biji dan pelet untuk lele dewasa. Umpan yang baik untuk ikan lele mengandung setidaknya 25% protein. Hal ini diharapkan bisa memacu pertumbuhan bunga lele. Semakin tinggi kandungan protein dalam pakan buatan maka harga atau biaya bisa mahal. Untuk menyiasati banyak biaya produksi dalam hal pakan, disarankan untuk menambahkan pakan sehat seperti siput, siput, ikan curah, dan sebagainya.

Pemberian makan bisa dilakukan secara langsung (stocked) atau bisa juga menggunakan alat bantu seperti ember atau kaleng dengan dasar kerucut. Umpan lele ulat diberikan 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Pemberian pakan harus sesuai dengan waktu makan.

Jumlah pakan yang diberikan tergantung pada umur dan ukuran ikan. Jumlah porsi atau porsi pakan yang diberikan adalah 15 - 30% per berat ikan di kolam.
Cara merawat ikan Lele berdasarkan usia
Meskipun ikan Lele mampu bertahan dalam kondisi apapun dalam hal pengobatan tampaknya praktis menjadi sulit bila masih benih atau bibit. Perlakuan ikan lele intensif untuk mendapatkan hasil panen dengan lele berkualitas baik. Inilah cara merawat ikan Lele yang baik menurut umur:

Lele umur 1 - 4 hari

Anda harus berhati-hati dalam proses perawatan khusus pada usia ini karena rawan terhadap kematian. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas udara dan suhu udara harus dijaga agar bibit ikan tetap hidup.

Lele berumur 5 - 15 hari

Untuk memenuhi kebutuhan makanan Anda bisa menggunakan cacing darah atau cacing sutera, bisa juga menggunakan tepung atau crumb feed pabrikan. Pemberian makan dilakukan 2 kali sehari. Kondisi udara juga harus dipantau, jika terlihat kotor maka segera ganti dengan air baru.

Lele berumur 15 - 25 hari

Lele pada usia ini sudah bisa diberi makan pelet yang kecil atau bisa jadi masih bubuk. Pakan diberikan 3 kali sehari yaitu pagi, siang, dan sore.

Lele umur 25-35 hari

Lele bisa di pellet dengan jamuan makan besar dan diberikan 3 kali sehari. Buat pemilahan lele besar dan kecil lalu belah ke kolam lain untuk menghindari kerapatan kolam dan mencegah kanibalisme pada ikan lele.

Lele umur 30 - 45 hari

Usia ini sudah memasuki masa panen. Lele memberi makan pakan pelet yang besar. Saat panen dilakukan seleksi atau re-sortasi antara ikan besar dan kecil. Sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau hari sakit untuk menghindari stres pada lele.

Itulah beberapa tip dan tip untuk budidaya lele sukses yang bisa Anda praktikkan. Sangat mudah bukan? Semoga sukses dan mulailah budidaya ikan lele

Artikel Terkait